Selasa, 08 Februari 2011

HIV/AIDS Mewabah di Tempat Pelacuran


Ancaman penyebaran virus HIV/AIDS di Jakarta mendekati titik nadir. Maraknya lokasi pelacuran menjadi indikasi kian mewabahnya virus mematikan itu. Pasalmya tempat tersebut ditenggarai sebagai salah satu sarang penyebaran penyakit yang belum ditemukan obatnya tersebut.

Hal itu didukung oleh perilaku seks bebas yang marak dilakukan kelompok masayarakat yang memiliki kontribusi terbesar dalam proses penularan penyakit ini. Terelebih dari data Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Provinsi DKI, saat ini beberapa lokasi prostitusi telah dinyatakan positif terinveksi virus tersebut. Seperti lokasi prostitusi Kalijodo, Rawa Bebek, Perumpung serta Tanah Abang.

Menurut Rohana Manggala, Sekretaris Komisi Penanggulangan HIV/AIDS DKI, dari hasil penelitian pihaknya seluruh lokasi prostitusi tersebut telah mewabah virus HIV/AIDS sekitar 10 hingga 15 persen. “Seperti di Kalijodo, 12 persen dari sekitar 3000 pekerja seks yang ada di lokasi tersebut telah positif HIV/AIDS,” ujar Rohana, saat dihubungi melalui telepon, Selasa (19/1). Artinya, tidak kurang dari 360 pekerja seks di lokasi ini telah terjangkit virus tersebut.

Jumlah ini diungkapkan Rohana, belum ditambah dengan lokasi prostitusi di wilayah lainnya dan pekerja seks biasa mangkal di pinggir jalan yang jumlahnya diprediksi mencapai puluhan ribu orang.

Sementara dari data terkahir, lembaga ini mencatat terdapat 2.819 penederita HIV/AIDS di DKI. Angka tersebut menempatkan Jakarta sebagai peringkat ketiga dengan jumlah penderita terbanyak secara nasional di bawah Jawa Barat dan Jawa Timur.

Meskipun dari segi posisi menurun yang sebelumnya berada di urutan kedua namun angka penderita meningkat 1 orang dalam kurun waktu tiga bulan. Mengingat virus tersebut sampai saat ini belum ditemukan obatnya, sehingga dimungkinkan jumlah penderita akan terus bertambah jika tidak ditanggulangi melalui pencegahan dini.

Secara terpisah John Alu Bwaman, Kabid. Promosi dan Penvegahan Komisi Penanggulangan HIV/AIDS, menerangkan berbagai langkah telah dilakukan pihaknya dalam upaya pencegahan terhadap penyebaran virus ini. Diantaranya membentuk kelompok kerja di seluruh wilayah kantung prostitusi. Kegiatan ini memberikan penyuluhan terhadap pelaku seks komersil untuk sadar akan penyakit tersebut. Diantaranya sosialisasi penggunaan alat pengaman seperti kondom. Bahkan John mengatakan dalam kelompok kerja ini juga dibagikan kondom gratis untuk mereka.

Bukan hanya melalui seks bebas, namun endemi virus HIV/AIDS tertinggi penularan melalui penggunaan jarum suntik. Sedikitnya 71 persen dari total penderita virus ini diketahui tertular akibat penggunaan Napza jarum suntik. Sedangkan melalui transmisi seks hanya sekitar 23 persen dan sisanya dari perinatal maupun yang tidak diketahui.

Diakui John dalam masalah jarum suntik ini, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian, Dinas Kesehatan dan Satpol PP. Langkah tersebut ditempuh lantaran sebelumnya kerap terjadi kesalahpahaman antara instansi penegak hukum terkait masalah penggunaan jarum suntik. “Dulu petugas kami kerap berurusan dengan polisi jika tengah membagikan jarum suntik steril karena dianggap mendukung kegiatan pengguna obat terlarang,” ujar John.

Namun masalah tersebut telah teratasi dengan disepakatinya perjanjian antara instansi terkait. Diantaranya dengan mengizinkan pembagian jarum suntik dengan menyertakan surat keterangan. “Kami mencoba memisahkan antara pencegahan dengan masalah tindak criminal penggunaan narkobanya,” tandas John.

Menanggapi tinggi jumlah penderita HIV/AIDS, Baby Jim Aditya, Direktur Club Partisan Kemanusiaan, mengatakan penanganan masalah penyebaran virus ini hanya dapat dilakukan melalui bimbingan perubahan perilaku. Selain itu optimalisasi sosialisasi harus dilakukan bukan hanya di tataran pekerja seks melainkan secara keseluruhan hingga ibu rumah tangga.

Lebih lanjut dikatakan Baby, belum optimalnya sarana dan prasarana pelayanan juga yang disediakan untuk penanganan penyakit ini juga dituding sebagai salah satu penyebab menjalarnya virus ini. Terutama bagi masyarakat yang masih hidup di bawah garis kemiskinan.

Di Jakarta Utara tercatat sebayak 90 warga mengidap virus HIV/AIDS. Berbagai factor disebabkan menjangkitnya virus tersebut seperti pemakaian narkoba dan hubungan seks bebas.

“Jumlah itu dari bulan Januari sampai Juni 2009. Kalau yang Juni sampai sekarang belum ada datanya,” ujar Kasudin Kesehatan Jakarta Utara, Dr Kurnianto, kepada Pos Kota, kemarin. Namun ketika ditanya tentang jumlah para WTS di Jakarta Utara yang mengidap penyakit HIV, tidak mau menjawab terus terang.

”Saya nggak bisa memberikan penjelasan secara rinci, apalagi nama dan alamatnya. Karena termasuk yang harus dirahasiakan,” ujarnya.
Jual Obat Foredi anti Ejakulasi Dini Harga perbox (isi 3 saset) Rp.200.000,- perbox bisa pakai 6 kali dan Tissu Majakani untuk Organ Intim Wanita harga perbox (isi 9saset) Rp.120.000,- paket akan kami antar ke alamat anda tanpa ongkos antar. Ingin tahan lama dan membuat pasangan anda puas malam ini. Silahkan hubungi kami di no hape: 082188904248 (Bapak Suhardi) dan paket kami antar ke alamat anda atau ditempat khusus yang telah disepakati bersama ! Kami juga melayani Orderan dari luar kota (seluruh wilayah Indonesia) silahkan lihat caranya disini: Cara Order Online...


Artikel Yang Berkaitan!



Obat Kuat Anti Ejakulasi Dini!
FOREDI adalah Obat Anti Ejakulasi Dini yang bermanfaat memperpanjang durasi saat berhubungan intim atau tahan lama! Silahkan ORDER cepat via SMS Disini...

Obat Gasa Membuat Ereksi Sekeras Batu!
GASA adalah 100% produk herbal, menjadi solusi bagi anda yang membutuhkan produk herbal keperkasaan pria yang AMAN, LEGAL & BERKUALITAS TINGGI! tidak mudah mendapatkan produk sekelas demikian, GASA membuat Pria di kagumi di mata istri, tanpa efek samping yang merugikan seperti pada obat kuat pada umumnya!Silahkan ORDER cepat via SMS Disini...

Tissu Majakani!
Tissu manjakani bermanfaat Mencegah gatal2 dan Aroma kurang sedap pada orgam Intim Wanita, Dengan formula bebas alkohol, PH balance, dan extract bahan alami, yang menjadikannya sebagai pembasuh yang sangat lembut dan aman, bebas iritasi dan segar sepanjang hari! Silahkan ORDER cepat via SMS Disini...

Ladyfem Untuk Wanita Frigid!
LADYFEM merupakan ramuan herbal asli Indonesia hadir menjawab masalah kewanitaan! agar para wanita mendapatkan kembali gairah dalam hubungan suami-istri. Silahkan ORDER cepat via SMS Disini...

 

Dunia Malam. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com